Horee!! Warga Kota Solo Peduli Lingkungan di Event Sumpah Pemuda Bukan Sampah Pemuda

Posted by Unknown in

Sebelumnya, AdvertisingUNS telah mempublish mengenai event kami dalam memperingati hari Sumpah Pemuda. Nah ini dia laporan event yang telah terlaksana hari minggu kemarin.


Sumpah pemuda tidak hanya bisa dirayakan dengan orasi dan deklarasi, tapi juga bisa dirayakan dengan aksi nyata pemuda untuk masyarakat. Maka dari itu, mahasiswa Advertising angkatan 2011 mengadakan event yang bernama Sumpah Pemuda bukan Sampah Pemuda, dimana di event ini kami terjun langsung ke titik padat di kota Solo pada hari Minggu yaitu Car Free Day.

Mengapa Solo Car Free Day?
Car Free Day dicanangkan oleh Pemerintah Kota Surakarta untuk mengurangi emisi gas karbon dioksida di kota solo dan memberikan ruang publik kepada warga solo dan sekitarnya untuk berolahraga di jalan raya secara bebas. Diharapkan kota solo menjadi sehat karena emisi gas berkurang dan masyarakatnya bisa berolahraga dengan baik. Namun seiring berjalannya waktu, tidak hanya aktivitas olahraga yang ada, namun juga aktivitas jual beli jajanan, promosi, serta kumpul komunitas. Dari aktivitas itu, didapatkan sampah berupa bungkus makanan dan brosur promosi yang dibuang secara sembarangan. Menyebabkan area Car Free Day kotor dan tidak enak dipandang. Lalu, apakah itu termasuk sehat?

Berdasarkan pada fenomena itu, kami mahasiswa Advertising UNS membuat event Sumpah Pemuda bukan Sampah Pemuda untuk memperingati hari Sumpah Pemuda dengan aksi nyata.

Ternyata, banyak sekali warga solo, mulai dari Pemuda (pastinya), anak-anak hingga orang dewasa yang berpartisipasi dalam event ini. Mulai dari jam 7 pagi, kami berangkat dari main Spot event, depan pengadilan, dan berkelilin di Area CFD. Volunteer Sampah kami yang berseragam kaos merah bertuliskan "Sampah Pemuda bukan Sumpah Pemuda" dibagi menjadi dua kelompok untuk menyebar ke area barat dan timur dari main Spot.
(Perdana, kanan; Ichsan, kiri) Volunteer Sampah siap untuk beraksi


briefing dulu sebelum mulai

ready, set, go!! Semangat teman-teman!!

Saat event berlangsung, warga solo khususnya yang beraktivitas di CFD terlihat cukup antusias berpartisipasi dalam event ini. Tak terkecuali anak-anak yang bersemangat untuk memungut sampah di sekitarnya dan memasukkan kedalam trashbag yang telah kami sediakan. Bahkan ada seorang anak laki-laki yang lucu, menghentikan sementara permainan bulu tangkis dengan ayahnya, dan dengan semangatnya memungut sampah di sekitarnya. Tidak sedikit juga warga Solo yang secara sukarela menghampiri kami untuk ikut membuang sampah pada tempatnya.


Pemuda berkontribusi untuk peduli lingkungan :D

Nah, ini dia adik yang lucu, menghentikan sementara permainan
bulutangkisnya untuk memungut dan membuang sampah pada
tempatnya bersama kami.

Adik-adik kecil yang antusias membuat wadah minum mereka yang habis
langsung ke tempat sampah

Tidak ketinggalan, ibu-ibu dan bapak-bapak pun turut berpartisipasi

Karena telah membuang sampah pada tempatnya,
partisipan mendapatkan reward berupa stiker sebagai
tanda telah berkontribusi dalam kebersihan lingkungan

Dan ini dia beberapa partisipan yang berhasil kami foto. Terimakasih banyak warga Solo yang telah ikut berkontribusi menjaga lingkungan











Unknown

Blog Informasi, Kegiatan dan Share mengenai dunia advertising dan kampus Advertising UNS. Follow kami di Twitter.

1 comment:

Advertising UNS

Materi dan Artikel

Materi dan Artikel

Advertising UNS

Blog Informasi, Kegiatan dan Share mengenai dunia advertising dan kampus Advertising UNS

Artikel & Materi Kuliah

Upcoming Event!

CARAKAFEST 2013

Festival Kreatif Mahasiswa. Close for Entry 10 November 2013
Yuk, segera daftar dan ikutan

more info : www.carakafest.org

Kontak Admin

Advertising FISIP UNS

Mention/DM kami melalui twitter @AdvertisingUNS

Email advertising.uns@gmail.com